Selasa, 27 Agustus 2013

Undangan Pernikahan Adat Jawa

undangan pernikahan
Undangan pernikahan, Witing tresno jalaran soko kulino adalah pepatah Jawa yang saya dengar dari jaman nenek kakek saya. Ini berarti bahwa cinta itu tak hanya datang dari mata turun ke hati, bisa juga karena kebiasaan dan direkayasa lewat perjodohan. Yang tadinya tak kenal, jadi kenal dan sayang. Tetapi tentu saja acara perkenalan tetap diperlukan sebelum kedua insan dipersatukan dalam satu atap.

Jaman berubah. Tanpa cinta, mustahil kami menikah. Tanpa ritual, mustahil kami bangsa yang berbudaya.


Dalam ritual pernikahan adat jawa yang tertuang didalam undangan pernikahan adat jawa, Menurut adat tradisi jawa, dahulu srah-srahan atau peningsetan dilakukan dalam sebuah upacara tersendiri tetapi seiring perkembangan jaman upacara peningsetan disederhanakan menjadi satu dengan upacara midodareni. Sehingga dalam upacara midodareni berisi tiga hal, yaitu 1) calon pengantin pria nyantrik di tempat pengantin putri, 2) utusan menyerahkan ubarampe srah-srahan atau peningset, dan 3)  utusan menyerahkan calon pengantin pria agar keesokan harinya dinikahkan dengan calon pengantin putri sesuai agama yang dianut.

Di semua ritual yang berlangsung khidmat dan sakral tersebut, undangan pernikahan adat jawa juga memegang peranan yang sangat penting karena undangan inilah yang akan membuat para tamu datang ke acara pernikahan Anda. 


Oleh sebab itu, sebuah undangan pernikahan harus dipersiapkan sebagus mungkin agar membuat orang yang menerimanya menjadi lebih bersemangat untuk membaca undangan tersebut. 

Undangan pernikahan tidak harus mahal, tetapi pilihlah desain yang sesuai dengan tema acara pernikahan anda, yang mencerminkan adat jawa. Jika Anda jeli dalam memilih  percetakan, tentu Anda bisa menemukan percetakan undangan pernikahan adat jawa ekslusif dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang tidak mengecewakan. Selain itu, Anda juga bisa menemukan undangan ekslusif dengan harga yang sesuai melalui internet karena saat ini banyak percetakan yang juga menyediakan website dan menampilkan harga untuk undangan ekslusif.

Pilih yang sesuai dengan tema, meliputi desain, warna dan tidak meninggalkan kekhasan jawa yang bisa dituangkan dalam ide desain undangan pernikahan tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar